#

Kreasi
Berita seputar Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Mensyukuri Nikmat Allah

Label:
Bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunianya yang telah diberikan-Nya menjadi keharusan manusia, baik itu dilihat dari sudut fitrahnya, maupun berdasar nash syara’ atau hukum Islam (Al-Quran dan al Hadits).

Jika nikmat yang kita peroleh itu adalah ilmu pengetahuan, maka manusia harus memanfaatkannya untuk keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan manusia serta mengajarkannya kepada orang lain. Wujud syukur kepada Allah SWT yang nyata ialah melaksanakan segala apa yang diperintahkan dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah SWT. Disamping itu, bila kita mendapat rezeki dari Allah sekecil apapun itu penting untuk mengucapkan rasa syukur kepada-Nya dan menyedekahkan sebagian kepada fakir miskin.

Bagaimana pula dengan nikmat yang diberikan berupa anggota tubuh yang sempurna? Imam Al Ghazali menegaskan, mensyukuri anggota tubuh yang diberikan Allah SWT meliputi tujuh anggota yang penting. Yakni, mata: bentuk rasa syukur berupa nikmat ini dengan tidak memepergunakannya untuk melihat hal-hal yang maksiat.

Selanjutnya, telinga: yang diberi fungsi untuk digunakan mendengar hal-hal yang baik dan tidak mempergunakannya untuk hal-hal yang tidak boleh didengar. Lidah: digunakan untuk mengucapkan hal-hal yang baik, berkata jujur dan sopan dan tentunya bukan mengucapkan hal yang s01ebaliknya. Memperbanyak mengucapkan zikir, puji-pujian kepada Allah SWT dan mengungkapkan nikmat-nikmat yang diberikan Tuhan sesuai dengan firmannya dalam surat ad Duha, ayat 11 yang artinya: “Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)”.

Tangan: digunakan untuk melakukan kebaikan-kebaikan, menolong orang lain, dan mengerjakan pekerjaan yang bermanfaat. Bukan mempergunakannya untuk melakukan hal-hal yang haram. Kaki: digunakan untuk berjalan ke tempat-tempat yang baik, seperti masjid, berhaji ke Baitullah (Ka’bah) jika sudah mampu, mencari rezeki yang halal dan menolong sesama umat manusia.

Perut: merupakan suatu tempat menampung dan mengolah makanan-makanan yang kita makan yang tentunya halal lagi baik dan tidak berlebih-lebihan (mubazir). Makanan dimakan sekedar menguatkan tubuh dan tentunya bisa melakukan aktivitas apapun apalagi untuk beribadat kepada Allah SWT. Dan yang terakhir adalah Kemaluan (seksual): dipergunakan dijalan yang diridhoi Allah SWT (hanya bagi suami istri) dan disertai dengan niat memelihara diri dari perbuatan yang haram dan merugikan baik itu diri sendiri maupun orang lain yang ujung-ujungnya hanyalah penyesalan.

Disamping itu, syukur kepada Allah dapat dilakukan dengan melakukan sujud syukur setelah seseorang mendapat nikmat dalam bentuk apapun, maupun karena lolos dari musibah dan bencana. Sujud itu hanya dilakukan sekali dan diluar shalat. Sebuah hadits riwayat Abu Dawud disebutkan: “apabila Nabi Muhammad SAW memperoleh sesuatu yang menggembirakan, ia tunduk bersujud karena Allah SWT.”

Manfaat yang kita peroleh dari tindakan sujud sebenarnya dirasakan manusia yang bersangkutan, antara lain untuk mengekalkan nikmat yang ada dan menambah nikmat itu dengan nikmat lain yang berlimpah ruah. Allah SWT berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7 yang artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambahkan nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesugguhnya azab-Ku sangat pedih.” Maksudnya, apabila orang bersyukur atas nikmat Allah SWT, maka akan diberi-Nya tambahan nikmat. Sebaliknya, orang yang tidak mau bersyukur (kufur nikmat) akan mendapat siksa yang pedih. Sumber: Ensiklopedia Islam, Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, Cetakan 2, Jakarta.
0 komentar:

Posting Komentar

CHATTING

Label Cloud


Apresiasikan Kreasimu !!!

Situs Kreasi dibangun untuk memberi informasi seputar kampus UIN Alauddin Makassar. Selain itu, Situs ini juga dibangun untuk menampung aspirasi Masyarakat UIN baik itu Rektor, Pembantu rektor, Dosen, Pegawai, Mahasiswa, Pengamat akademis, sampai pada masyarakat umum yang ingin berkomentar tentang masalah seputar pendidikan.

Untuk itu, kami dari Team Kreasi menerima tulisan anda untuk dimuat di situs ini. baik itu berupa Artikel, opini, berita, hingga keluh kesah tentang masalah Kampus UIN.

Apresiasi anda adalah wujud kreasi dalam mengembangkan UIN Alauddin kedepan. Kirimkan tulisan anda dan biarkan Dunia membacanya !

Tulisan dikirim ke Alamat email berikut :

kreasi_s4.kirimtulisan@blogger.com
cantumkan Nama, Alamat, dan Profesi anda.
Terima kasih,


Team Kreasi

About Kreasi

Foto saya
Media yang muncul atas dasar Kreatifitas yang tak terbendung dari sebuah tim Bernama S_4.

Kreasi Lovers

Info Beasiswa

More About Phone